Senin, 03 Agustus 2015

I MISS YOU, MY INAS................


Hey..... gue mau ngenalin ke kalian, kalo foto yang gue upload ini salah satu foto sahabat gue yang paling baik, ngangenin, lucu, kocak, tukang ganggu, nyebelin, dan dia punya sikap yanga amat sangat tertutup.Dia bakal nyeritain hal-hal yang mungkin ngga bisa dia tahan karna dia ngerasa terlalu sedih, atau hal yang paling ngebuat dia galau. 

Namanya Inas Rochaniar Siswani, dia lahir 21 tahun yang lalu, tepatnya tanggal 28 Desember 1994. Gue kenal Inas kurang lebih 4 tahun yang lalu, sekitar kelas 11 SMA dulu, awalnya kita ketemu karna ekskul basket. Terus lama-kelamaan kita makin deket. Awalnya di ekskul basket itu banyak banget anggotanya, tapi lama kelamaan semuanya resign dan kita bertahan cuma lima orang. Lima orang itu ada gue sendiri, Inas, Mitha, Gisda, sama Karin. Berlima ini selalu berjuang kalo ada event basket, karna kita ga punya pemain cadangan, ada sih cuma satu waktu itu. 
 Nah, foto ini salah satu foto terakhir angkatan kita buat ikut turnamen basket, soalnya waktu itu angkatan gue udah harus berenti karna mau UN. Walaupun ga dapet hasil buat ngeraih kemenangan, tapi gue tetep ngerasa seneng, seengganya kita belima selalu ngerasain perjuangan yang bener-bener. Jujur, gue males banget kalo coach udah ngejadwal latihan fisik hahahahahahahahaha dan itu ternyata bukan cuma gue doang, tapi yang lain juga. Hehe. Kurang disiplin juga deh makanya ga menang. Gue ambil sisi baiknya dari kita berlima ini, kita udah deket banget sampe kaya keluarga sendiri, bukan cuma berlima doang rasa kekeluargaannya, tapi sama coach juga. 

Hmmm.... Singkat cerita gue bisa makin deket banget sama Inas bukan karna gue satu team basket sama dia, tapi kita juga punya genk yang terdiri dari gue sendiri, Inas, Mitha, Icha, Amel, Gp, Rimas, Anggi, Fahmi, Raka, Hasan, Gisda, Deva. Kita namain genk nya Janas, nama Janas sendiri sebenrnya kita ambil dari salah satu guru disekolah kita dulu, tepatnya di SMA. Ada salah satu staff TU di seklah kita yang namanya pa Jana, menurut kita itu nama yang langka, dan entah kenapa Amel salah satu sahababat gue sering banget nyebut nama "Jana". Asal punya usul jadilah genk kita dinamain The Janas hahahahaha. Aneh mungkin, tapi lucu juga ah. Dari sini deh pokoknya asal muasal semuanya deket, kecuali Raka sama Hasan ya, karna mereka baru nimbrung-nimbrung setelah Mitha sama Hasan jadian, terus menuyusul gue sama Raka jadian. Gue suka ajak-ajak Raka kalo Janas main, begitupun sebaliknya sama Mitha&Hasan. 


Foto diatas diambil waktu kita semua kelar UN dan holiday ke Bandung. Ada Anggi sama Rimas yah yang ga ikut, karna waktu itu Rimas ngga diijinin sama nyokapnya, dan Anggi ada acara sama keluarganya. Nah dari pojok kiri yang pake jaket merah itu namanya GP a.k.a Giovani Pardede, sebelahnya ada Gisda a.ka Kibil, sebelahnya lagi ada Raka, sebelahnya lagi ada gue sendiri (Debby), sebelah gue ada Icha, sebelah Icha ada Fahmi, sebelah Fahmi ada Mitha, dan sebelahnya Mitha itu Hasan.
Yang bertiga dibawah itu gue mulai dari pojok kiri ya, itu Inas yang pake sweater warna biru, sebelehnya lagi ada Amel, dan sebelahnya lagi ada Deva. Ini semua keluarga Janas, pokoknya mereka the best!!! 


Nah, kalo foto yang ini waktu Janas liburan ke Yogyakarta, masih belum full team yah, soalnya Kibil, Anggi, Rimas ngga ikut. Kibil karna waktu itu ada SP, Rimas masih tetep ga dikasih ijin sama ortunya, dan Anggi yang taun kemarin udah kerja di kerawang dan ga bisa ngambil cuti.Ga usah gue kenalin lagi ya, inget-inget aja dari tulisan gue diatas hahahaha. Waktu itu kita liburan di Yk kurang lebih 5 hari deh, kita nginep dirumah budenya Fahmi yang kebetulan tinggal di Yogyakarta, terus kita ke tempat-tempat wisata disana. Seruuuu! Seru banget pokoknya kalo udah bareng mereka semua.

This year, kita semua udah ngerencanain banget dari awal taun kemarin buat liburan ke Malang. Semuanya udah disiapin dari awal, mulai dari buka rekening tabungan, nyari jasa tour, dan ini bener-bener pake low budget. Liburan kali ini mungkin ga selama kaya liburan kemarin, karna liburan kali ini cuma tiga hari. Obrolan tentang liburan emang selalu dibahas jauh-jauh hari, yaaa kan ada pepatah bilang "manusia boleh berencana, tapi semuanya sudah Tuhan yang mengatur". Mendekati dua minggu sebelum liburan ke Malang, salah satu sahabat kita, Inas pulang ke rahmatullah. Tepatnya tanggal 27 Juli 2015, Inas menghembuskan nafas terakhirnya di salah satu RS di kota Cirebon. Gue kaget banget, karna waktu itu Raka dateng pagi-pagi sekitar jam 8 pagi.

Waktu itu nyokap gue bangunin, dia bilang "Deb..bangun.. itu ada Raka." Gue seketika langsung bangun dan lansgung ngeliat jam, dan menurut gue aneh banget Raka pagi-pagi dateng kerumah gue. Gue sangka dia mau ngajak gue sarapan pagi diluar, taunya nyokap gue bilang "Deb......Inas meninggal." 
Seketika tulang-tulang gue langsung lemes, belum juga gue bangun dari tempat tidur, belum juga gue bene-bener sadar, dan gue langsung denger kabar kaya gini dan ini ngebuat gue kaya mimpi dan gue langsung nangis saat itu juga. Gue masih bener-bener ga percaya kalo Inas ga ada :"(

Gue langsung pergi ke kamar mandi, cuci muka dan gosok gigi seadanya, salin pake baju yang gue temuin dilemari juga sekenanya. Terus gue langsung cabut sama Raka buat ke tempat dimana Inas dimakamin. Gue ga peduli walaupun tempat Inas dimakamin emang jauh. Pokoknya gue harus kesana!

Ini......mmmm...ini bener-bener kaya mimpi, empat hari yang lalu gue masih nemuin Inas, dan dia bilang "Bol...Reza mau kesini loh." Dari cara dia ngomong aja udah keliatan banget kalo dia seneng karna pacarnya mau dateng buat jenguk dia. Ya walaupun kondisi Inas saat itu emang udah drop. Tapi ternyata Inas belum sempet ketemu sama pacarnya, Tuhan ngambil Inas duluan. Sedih..... sedih karna gue ga bakal nyangka kalo Inas bakal ninggalin kita semua secepat ini :"( Gue pikir dia bakal sembuh total, karna yang gue tau dia lagi rutin banget pengobatan. Menurut gue juga dia selalu keliatan sehat, ga pernah keliatan sakit sampe separah ini. Ya mungkin sakit biasa kaya flu, atau batuk. 

Waktu dirumah duka, gue sempet ngobrol sedikit sama pacarnya, gue tanya tentang Inas. Pacarnya bilang kalo kondisi Inas waktu di Purwokerto tempat Inas merantau, kondisinya udah lemah. Dia cenderung lebih sering diem dan sering muntah-muntah. Mungkin Inas ga mau bikin orang lain khawatir makanya dia cuma sharing ke orang-orang tertentu, dan yang paling utama sama pacarnya. Di Janas, Inas cuma cerita ke Icha, itu juga karna Icha kepo-kepo dan ngedesek supaya Inas mau cerita. 

Gue terharu banget waktu Reza si cowoknya Inas ini bilang kalo chat terakhir Inas kaya gini "aku pergi ya", Reza bilang kalo saat itu dia bingung Inas mau pergi kemana, setelah Inas ngchat kaya gitu dia udah ga ada kabar lagi. Akhirnya Reza ngehubungin Gp buat nanyain kondisi Inas, ternyata yang Inas maksud "aku pergi ya" itu adalah salah satu ungkapan izin pergi Inas buat selama-lamanya. Setau gue, mereka emang baru banget jadian, walaupun kenalnya udah lama karna mereka berdua sama-sama ikut mapala, tapi mereka berdua emang lagi dilanda kasmaran banget, lagi bahagia-bahagianya deh kalo orang-orang bilang, mereka juga udah saling sayang satu sama lain. Gue ga bisa ngebyangin kalo gue ada diposisi Reza, mungkin dia punya rasa nyesel karna belum sempet nemuin Inas buat yang terakhir kalinya.

Okay, gue ngerasa kehilangan banget. Kehilangan sosok orang yang tegar dan kuat kaya Inas, sosok sahabat yang nyebelinnya kaya Inas, gue ga pernah lagi ditelpon malem-malem karna curhatan dia kalo lagi galau, atau nemenin dia pup. Ga ada lagi chattingan ngomongin hal-hal aneh sama dia. Pokoknya gue kehilangan banget::"(

Seminggu setelah Inas meninggal, Janas ngadain doa bersama sama anak-anak panti, seengganya kita masih bisa berbagi walaupun cuma sekedar ngirim doa buat Inas bareng sama anak-anak panti. Tujuannya supaya Inas selalu diberi kemudahan disana, diampunin semua dosa-dosanya, dan selalu dikasih jalan yang terang disetiap lagkah-langkah dia buat ke surga. Nih ada beberapa pict waktu kita semua ngunjungin panti asuhan nya hehe..




Oh iya sebelumnya gue kasih tau, pict yang pertama sama kedua itu waktu acara doa bersama belum dimulai ya. Biar ga ada salah paham, entar disangka kok temen-temennya malah sibuk selfie padahal mau acara doa bersama. Dan pict ketiga itu baru deh acara doa bersama mulai. Alhamdulillah.. gue sama anak-anak yang lain ngerasa seneng bisa berbagi sama anak-anak panti. Ngadain doa bersama buat almh.Inas.

Hampir sepanjang acara doa bersama dimulai, gue ngga bisa nahan air mata gue. Karna sampe saat ini gue masih ngga nyangka kalo gue udah harus mengikhlaskan kepergian Inas buat selama-lamanya :"(
Mungkin Tuhan punya cara lain biar Inas ngga lagi ngerasain sakitnya bertahun-tahun. 
Nas, I miss you so much.... semoga selalu tenang yah Nas disana. Love you from Janas...







Tidak ada komentar:

Posting Komentar