Senin, 07 September 2015

Lagi-Lagi......Cerita Pengalaman LDR. HEHE

Kemarin jam 11 malem deh ya kiranya, handphone gue bunyi dan ada chat line dari temen gue, temen basket gue dulu  waktu sekolah SMP sama SMA, dia cowo tapi super mellow. Dia ngchat gini......
S: "Deb... Lo sadar kalo Raka beneran sayang sama lo itu dibulan keberapa pacaran?"
*sempet bingung juga kok dia nanyain gini, emang kredit apa sampe-sampe gue ngitungin Raka beneran sayang ke gue dibulan keberapa hahaha*
D: "Gue? Mmm... Sebenernya dari pdkt gue udah ngerasa kalo Raka sayang ama gue, tapi ya pdkt gue sempet gak berjalan mulus karna ada hal yang waktu itu sempet  ngebuat gue mau mundur, biasa deh ya masalah jealous sama mantan, gue pikir Raka masih sayang sama mantan dia, makanya gue udah ga mau nerusin pdkt. Tapi ya ga lama sih, abis itu gue sama Raka baik-baik lagi. Karna gue pikir kalo Raka udah mulai sayang juga sama gue, bukan gue terlalu percaya diri atau apa deh tapi ya lo tau sendiri namanya orang lagi kasmaran hahahaha. Terus seinget gue dan menurut gue, Raka itu keliatan beneran sayang sama gue waktu kita udah mulai pacaran dibulan ke 6 hehe. Eh btw emang lo kenapa nanyain ginian?"
*Dia ngga langsung jawab, tapi terus nanya-nanyain dan curhat muluk*
S: "Lo pernah ngerasa ngga udah ngecewain Raka?" Atau lo pernah sengaja ngelakuin hal yang ngebuat Raka kecewa? Raka orangnya gimana sih, Deb? Ngebatesin lo atau dia cuek-cuek aja lo mau ngelakuin hal apapun?"
D: "Sejauh ini gue ngga pernah ngelakuin hal yang dengan sengaja gue buat-buat biar Raka kecewa, buat apa lagian gue sengaja ngebuat Raka kecewa. Ngga akan sehat kali yang ada hubungan gue sama Raka kalo iya gue ngelakuin hal yang bodoh kaya gitu. Tapi, gue pernah banget ngerasa ngebuat Raka kecewa waktu dia tau kalo gue pernah kepo tentang Raka ke temennya, udah cuma itu doang yang gue rasa. Selebihnya gue ga tau karna Raka ga pernah bilang, dan gue selalu berusaha biar gue ga ngebuat dia kecewa. Raka orangnya cuek, dia ga ngebatesin gue buat ini itu. Asalkan gue jujur dan tau bates. Lo kenapa sih? Lagi masalah apa sama pacar lo?"
S: "Hebat ya lo deb. Gue sampe sekarang ngerasa kalo pacar gue belum sadar gitu kalo gue bener-bener sayang sama dia. Gue ngerasa kalo dia itu masih setengah-setengah ngejalaninnya sama gue. Dia sering banget dengan sengaja ngelakuin hal yang ngebuat gue kecewa, sering banget kalo gue balik ke Cirebon terus gue dating sama dia, dan tanpa sengaja di hp nya itu gue mergokin ada chat-chat dari cowok ga jelas. Dan, tiap gue tanya "beb ini siapa?" dia pasti jawab "ga tau beb siapa, aku aja ga kenal. Ga pernah chattingan juga kok, genit aja dia sama aku." Nah, satu kali gue pergokin, dua kali, tiga kali, dan seterusnya Deb sering banget, gue nyoba mikir positive terus biar gue ga kepancing emosi. Besok-besoknya nih Deb gue dating lagi sama cewek gue, ternyata cowok-cowok yang ngchat ke dia dan dia bilang cowok-cowok ga jelas dia ladenin juga Deb.. Kadang ga ngerti gue sama apa yang dia mau, tiap kali gue suruh jujur mau dia gimana, dia selalu bilang dan janji ga akan ngeladenin cowok-cowok yang nyoba buat masuk dihati dia, tapi kadang itu cuma bertahan seminggu doang Deb, dan dia bakal ngulang kaya gitu lagi. Capek kadang gue sama dia, tapi mau gimana lagi Deb, gue sayang sama dia, gue selalu berusaha terus-terusan ngalah biar dia sadar kalo gue sayang sama dia itu ga setengah-setengah. Tujuh bulan deb gini terus, udah mana gue LDR, kadang gue mau ngeudahin semuanya tapi gue ga mau LDR gue sia-sia karna keegoisan masing-masing. Gue minta saran lu dong, kan lu udah lama banget pacaran sama Raka, jauh-jauhan mulu tapi gue liat kalian berdua adem-adem aja hubungannya, gimana caranya?"
D: "Wah...kalo gitu gue ga bisa ngasih saran banyak deh, soalnya yang ngejalanin hubungan kan kalian berdua, gimana caranya hubungan kalian berdua bisa baik-baik aja ya itu tergantung cara kalian buat mertahanin semuanya. Menurut gue cewek lo itu terlalu banyak caper kali sama cowok-cowok, apa ya? Mmm...terlalu ramah mungkin, kalo gue sendiri kadang kalo sama temen cowok suka ngebatesin, lebih baik gue dibilang jutek ketimbang orang-orang menilai gue cewek genit. Secara ga langsung maksud gue tadi itu mungkin ya, mungkin cewek lo genit hehehe sorry gue bukan sok tau, yang tau tentang cewek lo kan ya lo sendiri. Ini persepsi gue setelah baca chat lo barusan. Tujuh bulan itu belum seberapa, tapi kemungkinan lo berdua lagi ada dimasa-masa jenuh, tergantung dari kalian berdua mau balikin mood kaya waktu awal-awal pacarannya gimana. Gue sendiri kadang bingung apa yang ngebuat gue sama Raka bisa sampe saat ini, bukan lo doang yang nanyain gini sama gue, tapi banyak temen-temen gue yang lain. Kuncinya apa ya? Mmm... saling percaya jelas deh kalo itu,  jujur, terus saling terbuka deh ya pokoknya, kalo ada masalah nih biasanya harus ada yang ngalah salah satunya (kalo gue lebih sering Raka yang ngalah hahahahahahahahahaha) sisanya mmm.....pokoknya ya jalanin kalo iya emang beneran mau serius, karna buat gue kalo LDR ga dijalanin bener-bener kayanya rugi deh. Dan yang paling penting dari point-point yang gue sebutin tadi, yang terpenting adalah SETIA. LDR kenapa sih harus buat orang-orang yang mau serius aja? Pertama, buang-buang waktu kalo iya sampe bertahun-tahun tapi ternyata putus. Kedua, rugi materi secara lo harus gantian ke tempat pacar, mau ga mau ya harus ada yang berkorban. Apalagi kalo salah sataunya udah ada yang kangen banget mau ketemu he he he. Tapi kalo masalah lo putus ditengah-tengah yaaa itu takdir Tuhan, yang penting kan yang ngejalanin usaha  dulu."
S: "Iya sih gue rasa juga emang cewek gue agak keganjenan, terlalu welcome sama cowok-cowok yang suka caper ke dia. Mungkin dia pikir gue jauh sama dia, makanya dia cari hiburan dengan cara yang kaya gitu. Selama ini gue selalu turutin apa yang dia mau, tiap seminggu atau dua minggu sekali gue balik ke Cirebon cuma buat dia, waktu itu juga pernah gue sama cewek gue berantem dan dadak-dadak banget gue pulang ke Cirebon buat nemuin dia. Masalah awalnya sepele banget Deb, gara-gara di medsos gue ngelove foto cewek, dia marah besar sama gue. Gue dateng kerumahnya sambil bawain dia bunga, sampe marah dia reda lagi. Bener sih sama apa yang semua lo bilang, LDR ga bisa dijalanin kalo sama orang-orang yang belum serius mau ngejalaninnya, percuma juga kalo setengah-setengah kaya gue gini, tapi ini belum finish Deb. Gue masih harus mertahanin gimanapun caranya, gue rela kalopun gue terus yang selalu ngalah sama sikap dia yang egois bahkan mungkin masih kekanakan."
D: "Nah yaudah lo kan tau mesti ngapain, gue ga bisa ngasih saran banyak karna ya kalian berdua yang jalanin. Toh, cuma-cuma juga kalo menurut gue lo ngeluh ini itu dan lo minta saran tapi ujung-ujungnya lo tetep kekeuh sama apa yang lo mau, iya nggak? Jadiin aja sifat cewek lo itu jadi ujia buat hubungan kalian hahaha."
S: "Duh iya Deb maaf banget ya, tapi sebenernya semua yang lo omongin bener. Gue mau hubungan gue bisa kaya lo sama Raka, oh iya Deb maaf juga ya kalo gue curhat gini, Mellow banget gue kalo masalah ginian buntu harus gimana. Salut banget gue sama Raka, beruntung juga ya kalian berdua bisa saling ngerti, moga jodoh deh ya Deb... Seneng gue liatnya, biar kalian LDR tapi tetep jaga hati. Sekali lagi, makasih banyak ya Deb, maaf udah ganggu nih gue."
D: "Haha iya selow aja. Makasih juga nih doa yang baik-baiknya buat gue ama Raka hehehe."

Yap.....itu sih kurang lebih chat gue sama temen gue yang mellow itu. Kalo gue simpulin sendiri kayanya ceweknya dia emang belum siap buat LDR, hidupnya drama banget si ceweknya. Buat apaan lagian sengaja ngebuat cowoknya biar kecewa atau jealous sama dia dengan jalan sana sini sama cowok lain kalo pacarnya lagi jauh, it's okay sih kalo temen dan perginya ga berdua alias banyakan, kadang nih ya kadang.... Orang lain itu (bisa cewek bisa cowok) suka mengharapkan  hal lebih kalo misal dia udah ngerasa deket banget, arti sahabat buat cewek sama cowok yang katanya sahabatan ga akan kepake kalo salah satunya udah baper. Udah deh kalo lo udah ngerasa nemuin orang yang pas sama lo, lo ngerasa cocok, ngerasa nyaman, dua-duanya saling ngerti, dua-duanya ga saling macem-macem mending pertahanin. Ga usah berlebihan buat ngasih sesuatu buat orang yang lo sayang, karna menurut gue pribadi hal-hal kecil yang tanpa sengaja lo lakuin juga bakal jadi something special. Misalnya, becandaan layaknya temen, nah itu hal yang sederhana banget tapi itu yang ngebuat gue seneng kalo lagi ngdate sama Raka. Abis Raka tukang lawak, konyol orangnya hahahaha. Susah lagi kalo iya lo putus dan nyari yang kaya dia, mana ada copy-an nya di tukang fotocopy, ye nggak? Ah..sorry gue ngetik ga santai banget, agak kebawa suasana hahahahaha.

Banyak temen-temen gue sering nanyain gimana hubungan gue bisa langgeng *aamiin* gini sama Raka, gue cuma bilang sekeluarnya dari pikiran gue terus gue ucapin lewat mulut. Palingan juga gue jawab "setia" udah gitu doang. Abis apaan alagi kalo bukan itu, jaman sekarang susah banget menurut gue dapet orang yang setia. Waktu itu gue pernah nyimak acara MTMG alias Mario Teguh Golden Ways, acara talk show gitu ngebahas tentang cinta-cintaan hahaha nah kebetulan waktu itu yang dia bahas temanya tentang LDR, kalo gue sendiri setelah nyimak acara MTMG itu agak was-was, si bapa Mario nya ini bilang "Yang deket aja bisa licin apalagi yang jauh". God! Hahaha iya sih ada benernya juga yang dia bilang, karna gue seringkali nemuin temen-temen gue yang pacaran nya deket-deketan alias ga beda kota atau pulau mereka bisa punya pacar satu atau dua bahkan tiga. Ya itu sih urusan mereka deh ya, karna mungkin masih mau banget melanglang buana sampe dapet yang bener-bener klop. Yang jauh apa kabar? Yang jauh semoga baik-baik aja, dan ngga nyakitin perasaan yang selalu nungguin segala sesuatu tentang dia hehehe. Tuhan bakal ngasih yang terbaik kok, gue yakin :) Mungin bapa Mario ini belum pernah ngerasain LDR makanya dia ngeluarin statement gitu kali ya hahaha.

Pengalaman gue udah tentang LDR udah lumayan banyak, seengganya ada waktu hampir 3 tahun buat gue belajar dari LDR yang gue jalanin. Dari tahap awal dimana gue pesimis banget sama LDR, gue takut ngejalanin LDR, gue tanya sana sini sama orang-orang yang ngejalanin LDR. Gue inget banget dari orang-orang yang gue tanyain tentang LDR itu mereka jawab kebanyakan yang negative, mungkin karna orang-orang yang gue tanya itu sering berantem. Terus makin kesiniin gue udah mulai terbiasa sama LDR, no problem deh Raka sama gue ga selalu ketemu tiap hari, alesannya jelas kok karna kita berdua lagi sama-sama study dan ngejer masa depan. Hal yang sampe saat ini masih sering ngebuat gue nangis mendadak adalah...............ga kuat nahan rasa kangen hahaha yap hal yang satu ini yang sampe saat ini ngebuat gue jadi orang yang cengeng tiba-tiba, ga dirumah, ga dikampus, kalo gue udah ngerasa kangen banget gue suka tiba-tiba nangis mendadak hehehehehe. Gue suka butuh dia disamping gue kalo misalnya gue lagi ngerasa capek sama tugas-tugas gue, atau gue lagi badmood, gue sirik sama orang-orang yang ngdate, dan lain-lain.
Tapi setelah gue yang ngerasain sendiri gimana enak ga enaknya LDR nih, enak-enak aja. Nikmat yang lo rasain ga akan kebayar sama apapun kalo lo udah ketemu sama pacar. Itu gue sendiri ya ga tau kalo orang-orang lain.
Stasiun....mmm...stasiun adalah tempat yang bersejarah buat hidup gue nanti. Yeh lebay ya gue hahaha tapi bener kok soalnya di stasiun itu tempat dimana gue ngerasa bahagia karna nungguin kedatengan Raka, tapi jadi tempat kesedihan gue juga kalo Raka mau pulang ke tempat perantauan :( Kebahagiaan gue itu ga terganti sama apapun kalo Raka udah mau dateng ke Cirebon, apalagi kalo beberapa jam sebelum dia dateng dia chat gue "Aku setengah jam lagi sampe nih. Kamu tunggu ditempat yang biasa ya.", baca chat dia aja gue udah senyum-senyum sendiri dan semangat banget kalo udah ketemu dia. Ada juga lucunya kalo dia udah dateng yang ada kita berdua kaya baru kenal, jaim-jaiman ga jelas hahahahaha. Nah, sampe saat ini gue ga rela kalo Raka mau pulang ke tempat perantauan, sehari sebelum dia pulang gue selalu "ah besok Raka pulang" malemnya pasti gue ga bisa tidur dan selalu nangis dibalik bantal hahahahaha. Kekanakan emang, tapi kalo lo ada diposisi gue juga mungkin bakal sama. Karna gimanapun kita itu maunya deket sama orang yang kita sayang. Dari LDR ini gue bener-bener belajar buat selalu ngejaga perasaan orang yang saat ini selalu ngisi hati gue, although kita berdua jauh. Walaupun Raka ngga pernah ngelarang gue buat ngelakuin hal ini atau itu, tapi gue sadar diri. Pacaran yang gue jalanin ga ribet yang kaya orang-orang jalanin, karna menurut gue pacaran yang gue jalanin bukan give and give, tapi take and give. Lebih baik gitu kan? Kalo gue pribadi jelas iya, karna pacaran yang kerasa feedbacknya itu ya yang take and give.

Sekali lagi gue bukan jadi orang yang sok tua deh ya ngomongin masalah ginian, gue juga masih awam kok sama hal yang berbau cinta. Masih belum ada apa-apanya dibanding orang-orang diluar sana, gue juga ngga menyombongkan diri tentang cerita cinta LDR gue sama Raka. Gue cuma mau berbagi pengalaman dari yang dulu-dulu sampe saat ini gue pernah alamin sama Raka hehehe. Well, udah jam 11 malem aja deh ini... Ga kerasa gue lumayan banyak juga cuap cuap ditulisan gue kali ini hahaha. Okay, see you bye bye!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar