Rabu, 24 Juni 2015

Mendadak Gue Mau Jadi Duta Kanker

Agak keluar jalur sih emang tulisan gue kali ini hehehe, kan biasanya gue cuma ngomongin cinta cinta cinta, ldr ldr ldr, pacar pacar pacar. Kali ini gue mau ngomongin tentang kanker, iya kanker..... Kanker itu emang salah satu penyakit yang mematikan banget setelah HIV, Diabetes, Jantung. Gue tergugah aja sih buat ngeblog disini tentang kanker, karena dua minggu yang lalu tetangga gue meninggal karena dia sakit leukimia alias kanker darah.

Okay.... namanya Lia umurnya masih 14 tahun, yang gue kenal dia anaknya periang dan penuh semangat. Dia itu anak bungsu dari tiga bersaudara, dan yang gue tau di itu salah satu anak yang paling penurut dan sering banget bantuin ibunya, bantuin nyuci baju, masak, nyuci piring, beresin rumah, dan lain-lain. Gue ngga begitu kenal lebih jauh, cuma beberapa hal yang gue tau dari Lia. Kebetulan gue tau karna Lia ini suka dimintain tolong sama kakak gue buat mijitin kakak gue kalo pulang kerja, itu juga ga sering cuma seminggu sekali. Dan dari mijitin kakak gue itulah Lia suka cerita tentang kesehariannya. Normal deh ya buat anak seumuran dia yang kategorinya baru menginjak masa remaja, dia suka cerita pas lagi mijitin kakak gue.. Gue inget dia pernah cerita tentang cowok yang lagi dia suka, dia juga lagi semangat-semangatnya latihan dance disekolahnya. Keluarga Lia bisa dikata yaaa....sederhana, makanya Lia kadang suka mau kalo kakak gue minta dia buat mijitin. Lia juga bilang uang yang biasa dikasih sama kakak gue dia kumpulin buat beli HP. Oh my God.......gue terharu, nyes juga sih pas denger dia ngomong :(


Cerita yang gue dapet dari nyokap, beberapa bulan silam waktu itu Lia lagi disekolahnya dan dia lagi masuk dijam pelajaran olahraga. Dan, tiba-tiba dia pingsan..... Terus akhirnya dia ijin pulang dan dirawat seadanya dirumah. Karena mungkin orang tua Lia ini belum tau kalo ternyata anaknya kena kanker. Seminggu Lia sakit dan ngga sembuh-sembuh, akhirnya orang tua Lia ngebawa dia ke Puskesmas, ternyata puskesmas turun tangan dan puskesmas ngasih rujukan buat periksa dirumah sakit karna harus check darah. Selama seminggu itu Lia selalu ngeluh semua badannya berasa lemes, dan semua tulang-tulangny linu, makanan yang masuk aja kadang bakal kebuang lagi karna dimuntahin. Setelah diabawa kerumah sakit dengan biaya jamkesmas, dan dia udah ngelakuin check darah, ternyata dokter bilang kalo Lia ini udah kena kanker darah stadium 3. Gue ngga bisa bayangin perasaan orang tua nya waktu denger kalo ternyata anaknya divonis kanker darah, dan dokter nganjurin supaya orang tua nya banyak-banyak manjain apapun yang anaknya mau. Dari sini aja kok kayanya dokter udah pasrah ya, agak dikit gimana gitu gue waktu ngedenger cerita dari nyokap.

Well, sorenya setelah denger kabar itu gue sama nyokap gue jenguk Lia kerumahnya, karna rumah kita cuma beda satu rumah doang jadi pake gerak cepat deh he he he. Waktu gue jenguk Lia ternyata dirumahnya udah banyak temen-temennya yang jenguk dan ngasih semangat buat Lia. Gue masih inget banget waktu dia bilang :Lia kangen sekolah, Lia mau sekolah ketemu sama temen-temen tiap hari" dan dia ngomong sambil nangis, gue usap-usap pundaknya dan gue bilang "Iya sabaaar, nanti juga kan sembuh terus bisa sekolah lagi, bisa ketemu lagi sama temen-temen. Lianya berdoa yah biar cepet sembuh". Sebenernya gue sedih banget pas ngomong kayak gitu ke Lia, tapi gue kuat-kuatin biar ga nangis depan dia. Karna menurut gue umur-umur se-dia itu kan lagi banyak main banget sama temen-temen, wayahnya sih kan masa puber. Tapi disaat yang harusnya dia ngerasain kebahagiaan sama masa remajanya dia harus ngelawan penyakit ganasnya :"(

Selang 4 bulan setelah Lia ngejalanin pengobatan, dan cuci darah akhirnya Tuhan ngambil Lia buat balik kehadapan-Nya. Yaaa mungkin Dia lebih tau kalo Lia bakal lebih baik disana karna dia ga akan ngerasa kesakitan lagi, dan mungkin Lia bakal dikasih tempat yang sebaik-baiknya. Entah kenapa gue ngerasa sedih banget waktu ngelayat dan ngeliat Lia hari terakhir, gue bukan siapa-siapanya sih. Tapi gue ngerasa kalo dia itu anak yang baik banget, banyak banget orang-orang yang sayang sama dia, sampe-sampe dimakamnya penuh sama orang-orang yang mau nganterin Lia ditempat peristirahatan terakhir. Subhanallah...
Empat hari sebelum Lia meninggald ia nyapa gue dengan sapaan khasnya, waktu itu gue mau berangkat ngampus. Dia nyapa gue dengan muka yang sumringah banget, gini "Ceweeee....mau kuliah yaah, ati-ati yaaah", dan ternnyata hari itu hari dimana sapaan khas dia buat gue jadi sapaan yang terakhir :( Tau nggak selama seminggu itu gue tiga kali mimpiin Lia, agak sedikit bingung juga gue karna gue pikir gue kan bukan siapa-siapa dia, mungkin dia mau gue ngedoain dia disana :)

Gue jadi tergugah mau jadi duta kanker, karna kakek gue dulu meninggal juga gara-gara kanker. Penyakit ini bisa karna genetik dan pola hidup yang ngga dijaga. Gue mau banget bisa nyembuhin orang-orang yang menderita kanker. Tapi gue ga ada basic jadi dokter, optimis aja sih kalo suatu saat gue udah kerja dan punya rezeki sendiri mungkin gue bisa mendirikan yayasan buat orang-orang yang menderita penyakit kanker.

By the way, selamat jalan Lia....semoga kamu tenang disana dan diberikan tempat yang terbaik yaaaah.... aamiin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar