Kamis, 30 April 2015

Dia....Masih Mengayuh Becak Di Usia Yang Sudah Renta

Hari ini ada satu pelajaran hidup yang bakal jadi hal yang berharga buat gue. Yap...dia adalah seorang penarik becak. Umurnya udah cukup tua menurut gue, warna rambutnya udah mmeudar alias udah berwarna putih, kulitnya udah banyak berkeriput, giginya pun udah banyak yang tanggal, pendengarannya pun udah kurang baik, penglihatannya pun udah ga begitu baik.

Pertama kali gue pake jasa becaknya waktu disekolah SMA dulu, waktu itu gue ngga sengaja ngeliat si bapak ini duduk dibecaknya sambil nyari-nyari penumpang. Lamaaa banget dia ngga dapet-dapet penumpang, gue perhatiin mulu abisnya. Akhirnya gue sama Inas, pake jasa becak bapak ini. Baru kali ini ada mamang becak yang nggak rewel banget nawarin harga kek atau apa lah itu. Dia pokoknya ngga banyak komentar. Dari awal ketemu itu hampir setiap hari, bahkan setia hari gue sama Inas kalo pulang sekolah pake becaknya si bapak ini. Lama-kelamaan kalo dijalan kadang kita suka ngobrol sama si bapaknya, kadang gue banyak tanya ke bapaknya. Abis gue heran kok udah setua ini dia masih kerja, apalagi kerjanya berat kalo buat orang yang umurnya ngga muda lagi.

Emang sih si bapak ini tenaganya ga kayak tukang-tukang becak umumnya, yang kadang ngebuuuut banget kalo ngayuh becak. Gue maklumin karna dia tua, tenaganya juga beda. Sebenernya niat gue pake jasa becak si bapak karna kasian, gue ngga mau dia capek-capek ngayuh becak gini, gue mau langsung ngasih duit deh ke dia tanpa dia ngebecak lagi. Tapi gue ga enak, karna dia pasti nolak dan mungkin dia nganggep kalo dia bukan pengemis. Gue salut, orang setua dia masih mau kerja keras buat nyari uang, dan itu karna cuma buat makan. Waktu itu gue juga pernah tanya sama dia tentang tempat tinggalnya, tentang anaknya, istrinya, pokoknya gue kepo tentang kehidupan dia. Gue sama Inas selalu ngasih uang lebih buat bapak, soalnya kita berdua ga tega banget sama bapaknya yang udah tua tapi masih aja kerja keras banting tulang dari pagi sampe malem, dan itupun dapet penumpang cuma satu doang dalam sehari. Bayangin, kalo ga ada penumpang dia makan darimana?

Dan, gue inget banget....harta satu-satunya yang dia punya saat ini dan sampe seterusnya cuma becak yang dia punya dan dia bikin sendiri. Dia bilang "kalo becak ini dijual saya udah ngga punya apa-apa lagi mbak. Tidur aja kadang ga dirumah, kalo belum dapet duit saya ga pulang kerumah." Beneran deh ini bikin gue iba banget pas denger si bapak ngomong gini, gue bersyukur tapi bisa ketemu sama si bapak, karna ini ngebuat gue sadar kalo hidup itu ga semudah apa yang kita pikirin. Rumah dia lumayan jauh dari kota, kalo seinget gue rumahnya didaerah Klayan, yaaa udah masuk daerah kabupaten Cirebon sih. Anak-anaknya tinggal diluar kota, kerja katanya disana, tapi jarang banget pulang. Kalo istrinya gue agak lupa, entah dirumah aja atau gimana gue lupa pokoknya. Yang jelas dia menyambung hidup itu dengan kerja ngayuh becak. Waktu terakhir puasa jaman-jaman SMA gue sama temen-temen gue inisiatif buat ngasih zakat ke si bapak, kita semua ngumpulin barang-barang yang udah ga kepake tapi masih layak kok buat dipake, dan kita smeua ngasih sedikit rezeki berupa uang yang mungkin ga seberapa tapi insyaAllah bisa ngebantu si bapak buat beli sembako.

Waktu itu abis liburan dari Jogjakarta, gue sga sengaja liat si bapak ada di pinggiran jalan deket Stasiun, gue sama Raka akhirnya naik becak bapak ini buat nganter kita berdua pulang. Ga cuma gue, Raka juga yang baru kali pertama ngeliat ngerasa kasian dan ga tega banget sama si bapak. Raka emang jiwa sosialnya tinggi banget, beneran deh. Dia paling ga tega pokoknya kalo ngeliat gelandangan atau pengemis gitu yang udah tuaaaa banget, dia pasti mau berbagi rezeki lebih buat mereka. Yaaa syukur deh, bagus kalo dia punya jiwa sosial yang tinggi.

Terakhir ketemu bapak pas di Stasiun itu, tapiiiii hari ini gue ketemu lagi deh... Dan, kali ini dia bener-bener bikin gue sedih. Bayangin aja diluar uhan deres gini, dia masih ngayuh becak buat nyari penumpang, dan dia ga make jas ujan atau cari tempat buat neduh dulu kek. Gue langsung samperin dia, dan gue tanya kenapa dia kok ngga neduh, kan ujannya deres, kalo sakit nanti dia ngga bisa ngebecak:"(
Ada sedikit percakapan gue sama si bapak. kurang lebih gini......
Debby: "Pak, kok ngga pulang ujan-ujan? Ga pake jas ujan lagi, kan ujannya deres nanti sakit ga bisa ngebecak loh."
Bapak: "Iya neng, belum dapet uang dari pagi. Saya ga punya jas ujan, udah biasa juga kok insyaAllah ga kenapa-napa."
Debby: "Yaudah..yaudah... bapak tunggu disini yaaa. Jangan kemana-mana pokonya disini aja, nanti saya balik lagi kesini."

*Kurang lebih 7 menit gue balik lagi karna gue cari ATM, dan gue cariin makan, jas ujan, sarung, baju biar baju yang basah yang dipake sama bapaknya bisa diganti*

Debby: "Pak.. ini ada jas ujan buat bapak, ini saya bawain makan juga buat bapak biar bapak ga sakit apalagi udah menggigil gini. Ini ada rezeki juga buat bapak, diterima ya Pak. Walaupun ga banyak, tapi insyaAallah bisa buat makan bapak beberapa hari kedepan hehehe."
Bapak: "Ya Allah Neng... makasih banyaaak. Dari dulu suka ngebantu, semoga banyak rezeki terus ya neng. Lancar rezekinya, sukses hidupnya."
Debby: "Iya pa sama-sama ya pak. Aamiin ya rabbal alamin.."

Udah gitu gue pamit ke bapaknya, seneng banget gue bisa ngebantu dia. Yaaaa walaupun agak sedih juga karna gue ga bisa berbagi rezeki sama dia setiap hari, gue mau ada orang yang bisa care sama si bapak, dari anaknya kek atau siapa gitu biar bapak bisa keurus dan gak kerja berat gini lagi:(
Bapak pengayuh becak ini bikin gue sadar kalo hidup itu emang bener-bener penuh usaha, dia juga ngebuat gue bersyukur...bersyukur karna gue bisa berbagi sama orang yang mungkin "butuh" buat dikasih sesuatu yang lebih. Pelajaran hidup emang bisa dapetin dimana aja, kayak gue gini..dijalan pun jadi. Semoga, bapak ini selalu dikasih kesehatan sama dikasih rezeki yang lancar dari Allah.. Aamiin ya rabbal alamin...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar