Selasa, 24 Maret 2015

Ibu..

Waktu jam mata kuliah kedua tadi, kiranya jam 11.15 siang ibunya Raka bbm. Kurang lebih gini percakapannya....

Ibu: "Debby.."
Debby: "Iya tante?"
Ibu: "Lagi kuliah ya?"
Debby: "Iya tante, kenapa tante?"
Ibu: "Oh engga Deb, ini tante tadinya mau minta temenin ke RS. Tapi kalo Debby lagi kuliah sih jangan, nanti keganggu kuliahnya."
Debby: "Tante sakit apa? Debby baru selesai jam 1 tante:("
Ibu: "Iya gpp Deb, tante sendirian aja ke RSnya. Tangan tante ini gatau kenapa suka sakit gitu, suka tiba-tiba keram makanya mau kedokter aja soalnya udah lumayan lama sakit kaya gini, biar ada obatnya."
Debby: "Yaaah tante maaf ya ga bisa nganterin tante ke RS:( cepet sembuh ya tante:(."
Ibu: "Iya Deb gapapa kok, makasih yaaaa:)."

Sekiranya itu obrolan singkat gue sama Ibunya Raka. Agak ga enak juga sebenernya ngga bisa nganterin Ibunya Raka ke RS, gue mikirnya kalo tangannya sakit gitu otomatis dia ngga bisa nyetir motor dong. Tapi gue juga bingung soalnya kan masih ada satu mata kuliah  lagi:(  Akhirnya Ibunya Raka ke RS sendiri, pake becak deh kalo ngga salah. Berhubung Raka kuliah di Tangerang dan Ayahanya Raka kerja di Bangka, dan Ibunya Raka buka usaha di Cirebon jadi mereka LDR deh.

Gue salut banget sama Ibunya Raka. Dia itu sososk perempuan yang hebat, mandiri, dan ngga mau bergantung sama laki-laki. Bukan berarti gengsi loh ya, tapi Ibu pernah bilang "perempuan itu harus mandiri, jangan bergantung sama suami. Kalo masih bisa usaha sendiri ya lakuin. Kan itu juga bisa ngebantu ekonomi keluarga. Apalagi jaman sekarang semua serba mahal, ngga mungkin kalo laki-laki aja yang cari uang, perempuan juga."
Yap! Pastinya gue setuju banget sama apa yang Ibu bilang, perempuan itu ga boleh bergantung sama laki-laki, lo mau ditindas sama laki-laki kalo hidup lo bergantung sama laki-laki? Enggak kan. Makanya sebisa mungkin lo harus ngembangin passion yang ada di diri lo, entah passion lo itu masak, nulis, atau didunia fashion sekalipun yang penting lo harus ngembangin passion lo, biar suatu saat lo bisa usaha sesuai sama passion yang lo milikin.

Gue ngerasa nyambung banget kalo udah sharing tentang masa depan atau pengalaman waktu Ibu kerja dulu, waktu Ibu susah payah cari uang di Jakarta dulu. Ga tau kenapa sih, Ibu tuh ngeinspirasi banget, kadang gue ngerasa ada kesamaan hal antara gue sama Ibunya Raka. Apalagi kalo udah ngomongin kerjaan, Ibu itu sosok perempuan yang tangguh banget. Dia juga sabar ngejalanin hidup, enak ngga enaknya hidup udah pernah dia alamin.
Hampir setahun ini Ibu tinggal di Cirebon, setelah eyang Nan meninggal Ibu mutusin buat tinggal di Cirebon soalnya nemenin eyang Ti di Cirebon, karna ibu anak perempuan satu-satunya dikeluarga dari empat bersaudara. Ibu buka usaha di Cirebon, dia buka usaha Laundry yang sekarang udah lumayan pesat perkembangan usaha Ibu. Alhamdulillah gue ikut seneng, keliatan dari raut wajah Ibu yang seneng karna usahanya udah lumayan banyak dikenal sama orang-orang disekitar dan pake jasa Laundry di Ibu.

Kadang, gue mikir gimana ya perasaan Ibu jauh dari suami sama anak? Sedih ngga ya?
Gue selalu ngomong sendiri dalem hati. Waktu itu gue pergi jalan-jalan nemenin Ibu, nemenin dia beli baju plus kita makan bareng diluar. Terus kita berdua ngobrol, Ibu bilang "Tante suka pengen deh ngumpul gitu sama Ayahnya Raka sama Raka kaya dulu gitu Deb waktu Ayahnya Raka masih kerja di Jakarta, waktu Raka belum kuliah. Kangen deh mau lagi kaya gitu. Tapi mau gimana, tante juga kan disini buka usaha buat nambah-nambah biaya kuliah Raka, om juga di Bangka kerja buat kuliah Raka. Pokoknya semua buat Raka, makanya harus sama-sama kerja keras gini."
Gue ngga bisa jawas apa-apa selain "Hehehe iya ya tante. Nanti juga ngumpul-ngumpul lagi kalo Raka udah selesai kuliah, kan ngga kerasa kalo Raka lulusnya cepet dua tahun lagi juga selesai."

Raka itu anak satu-satunya dikeluarga, makanya kasih sayang Ayah sama Ibunya tumpah buat Raka semua. Tapi untung, Raka itu bisa mandiri walaupun kadang-kadang dia suka ribet sendiri. Apalagi kalo udah ada tugas tentang mengarang, paaaaaaaling dia ga bisa. Suka panikan kalo udah ngadepin tugas yang mengarang gitu. Untung aja dia pinter.

Balik lagi ke Ibu. Menurut gue, Ibu itu perempuan yang pemikirannya luas dan ngga stuck disitu-situ aja, dulu dia kerja disalah satu stasiun Tv, tapi berhubung Ayahnya Raka dipindah tugas ke Kalimantan akhirnya Ibu mutusin buat resign dari kerjaan dan ikut Ayahnya ke Kalimantan. Selama bertahun-tahun Ibu udah pindah-pindah ke beberapa tempat, seinget gue dia pernah tinggal di Solo, Kalimantan, Bangka, Jambi, Tangerang, lupa lagi diamana hehehe. Dari situ pasti Ibu punya pengalam hidup yang banyak, makanya enak kalo cerita sama Ibu, kan banyak pengalamannya, nah dari pengalaman dia itu kita bisa jadiin pelajaran. Harus gimana buat hidup kita yang akan datang, ya kan?
Ibu itu guru terjitu deh pokoknya kalo udah ngomongin pengalaman, saluuuuuut! Ngga bisa ngomong hal yang lebih banyak tentang Ibu. Raka beruntung pokonya bisa punya Ibu yang kaya beliau. Bukan berarti gue ga beruntung karna Ibu gue ga seluas pemikirannya kayak Ibunya Raka kalo tentang pengalaman, gue juga bersyukur punya Ibu yang kaya Mamah. Bedanya kan, Ibu itu punya lebih banyak pengalaman hidup yang patut dicontoh dibanding Mamah yang pengalamannya ga begitu banyak.

Love you, Bu...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar