Rabu, 25 Maret 2015

Let's Move!

Hari ini............ adalah hari yang akan gue inget terus selama kuliah empat semester. Kenapa?
Gue ceritain dari awal ya!.

05:40
Alarm hp gue bunyi itu menandakan banget kalo gue harus bangun dan mandi buat siap-siap berangkat ke kampus. Berhubung hari ini lagi PMS jadi gue korupsi waktu dulu tidur-tiduran dikasur, lumayan korupsi waktu mumpung lagi bolong sholat hahaha. Gue langsung beranjak dari tempat tidur gue dan langsung mandi. Gue bisa ngabisin waktu dikamar mandi selama setengah jam, karena terlalu enak nyanyi didalam kamar mandi, dan pasti tiap mandi pagi gue selalau keramas, dan itu hal wajib yang selalu gue lakuin. Maksud hati dan menurut gue pibadi keramas itu bikin otak kita lebih fresh, itu menurut gue sendiri doang sih hahaha.

Setelah kelar mandi gue masuk kamar dan ngeringin rambut dan nyiapin segala hal misalnya milih-milih baju yang mau dipake biar ngga baju itu-itu doang, kalo buku yang jelas gue ngga nyiapin, karna selalu ada ditas, kalo mau ganti tas paling gue pindahin buku gue kedalam tas yang gue mau pake. Paling tambahan lainnya buku wajib yang diharuskan bawa. Setiap mau berangkat ngampus kadang gue sarapan dulu karna Mamah yang nyuruh, tapi kebanyakan engga nya sih dibanding iyanya hahaha soalnya gue emang ga begitu suka kalo pagi-pagi makan. Ga tau kenapa bawaannya kayak mual. Preparenya gue buat berangkat kekampus itu butuh waktu satu jam setengah atau dua jam, dari mulai mandi, ngeringin rambut, dan milih baju.

07:40
Nah, jam-jam segini  itu biasanya gue baru mulai berangakat kekampus,tergantung mulai masuknya sih, kalo jam delapan ya gue berangkat jam 7:40, padahal mata kuliah pertama dimulai jam 08:00, tapi berhubung rumah gue sama kampus ngga begitu jauh makanya gue masih berani deh buat berangkat dari rumah jam 07:40, asal agak sedikit ngebut hahahaha.

Mata kuliah pertama diisi sama mata kuliah Produksi Media dan Audio Visual, mata kuliah ini tiga SKS makanya lumayan agak lama. Tapi ya seru sih soalnya ngebahas tentang broadcast gitu, ngomongin secara teknisi, dan macem-macem. Kadang gue bosen sama kegiatan kuliah, soalnya lebih banyak nerangin tentang teori dibanding prakteknya. Sedangkan gue kuliah dijurusan komunikasi, pasti dan harus banget lebih ngebanyakin tentang prakteknya dong.
Dosen gue yang satu ini punya kerja sampingan ajadi wartawan, nah kebetulan pa Hae (panggilan akrabnya) jadi jurnalis disalah satu stasiun televisi (Trans Tv) dia udah kerja selama 7 tahun di Trans corp. Dia juga suka sharing tentang enak ga enaknya kerja jadi jurnalis, tapi dia lakuin semuanya dengan enjoy, dia juga suka sama dunia fotografi. Pernah gue liat hasil karya foto-foto dia emang keren-keren. Mata kuliah pertama selesai jam 11:30, ada waktu dua puluh menit buat break. Ya kayak biasanya deh gue sama temen-temen pergi kekantin buat beli minum dan makanan-makanan kecil.
Ngobrol-ngobrol bentar dikantin sambil merhatiin orang lewat, atau orang yang pacaran he he he.

Waktu udah nunjukin pukul 12:15, artinya jam mata kuliah kedua harus dimulai. Tapi berhubung kepotong waktu makan siang dan sholat dzuhur buat dosen makanya ada delay sampe jam 12:30.
Ngga beberapa lama kemudian dosen pun dateng, mata kuliah kedua ini tentang mata kuliah Opini Publik. Dosen yang satu ini emang asik banget kalo ngajar, dia selalu ngasih contoh yang pas sama materi yang lagi dia kasih saat itu juga. Dosen yang satu ini udah lumayan berumur, walaupun belum genap usianya 40 tahun. Dia juga punya kerja sampingan disalah satu stasiun Tv, profesinya jadi jurnalis di Metro Tv. Pada saat mata kuliah lagi berlangsung semua mahasiswa merhatiin materi yang lagi dijelasin sama pa Jalil, termasuk gue. Setelah semua materi udah selesai dibahas sampe akhir, ada sesi buat mahasiswa ngasih pertanyaan atau ngereview tentang materi yang udah dikasih tadi.
Tiba-tiba pa Jalil ngedeket ke arah gue dan dia nanya:
Pak Dosen: "Debby! Kamu kenapa kok kayaknya hari ini kosong banget pikirannya sampe ga fokus. Ga biasanya kamu gini, biasanya aktif dan suka nanya kalo ada sesi gini."
Debby: "Hehehe iya Pak ga apa-apa, lagi ga enak badan doang."
Pak Dosen: "Saya tau kamu bohong. Ya udah no problem kok."

14:30
Berhubung mata kuliah Opini Publik ini cuma 2 SKS makanya ga lama. Setelah selesai gue sama temen-temen guejalan kelorong kampus dan turun kebawah, karna kebetulan kelas gue ada dilantai tiga kampus. Pas banget waktu gue sama temen-temen mau keluar, ketemu deh sama dosen gue tadi diruang Prodi. Terus dosen gue manggil gue dan dia bilang "Debby! Sini sebentar. Ceritain sama yang lagi kamu pikirin sekarang kenapa."
Sontak gue kaget, ngga cuma gue aja sih yang kaget tapi temen-temen gue juga. Ngga pake pikir panjang dan karna gue ga enak juga, gue ngehampirin dosen gue keruang Prodi. Ga pake basa-basi dosen gue langsung nanya...
Pak Dosen: "Ceritain sama apa yang kamu pikirin sekarang sampe kamu ga fokus belajar."
Debby: "Gini Pa, belakangan emang Debby sering banget mikir dua tahun lagi Debby bakal lulus dan wisuda, dan setelah itu pasti Debby mau kerja. Tapi, Debby suka pesimis ditengah jalan, padahal Debby suka ngemotivasi diri biar bisa kaya orang-orang lain yang sukses. Tapi kadang ada hambatannya, mulai dari lingkungan kampus, dan rasa ga percaya diri itu sendiri, Pak." *seketika air mata gue netes dan ini ngga kekontrol banget*
Pak Dosen: "Bagus! Saya seneng ngedengernya. Jarang ada mahasiswa yang mikir kaya gini buat 2 atau 5 tahun kedepan, Deb. Yang ada mereka cuma mikir seneng-seneng, dateng kekampus asal dateng doang, asal absen doang, mau pacaran doang. Bahkan sampe semester akhirpun ga jarang banyak yang menyesal karna mereka ngga sadar sama kewajibannya. Ilangin dong rasa pesimisnya, kali kamu yakin sama passion kamu ya kamu harus berusaha dong, sampe kamu bisa goal. Orang itu arus ikhtiar juga Deb, karna belum tentu sesuatu yang kamu mau bakal di ridhoi sama Allah. Yang penting kamu usaha dan ikhtiar, sisanya biar Allah yang ngatur itu semua.Sekarang kalo kamu ngerasa iklim kampus yang kurang cocok dengan pribadi kamu jangan dibikin beban, anggep aja dua tahun lagi saya bakal keluar dan lepas dari iklim seperti ini. Dan saya akan jadi orang hebat yang bisa membuktikan itu semua. Saya yakin kamu bisa goal dengan pencapaian dan mimpi kamu, karna menurut saya sendiri kamu ini termasuk orang yang percaya diri tapi belum menyadari hal itu, makanya perlu diasah lagi Deb. Kamu butuh modal, bukan berarti modal financial semata. Modal yang saya maksud itu seperti tingkatkan bahasa Inggrismu kalo ma jadi news anchor, dan tingkatkan juga percaya diri kamu. Ubah deh pokoknya pola pikir yang jadi beban kamu sekarang, banyak-banyak berlatih untuk masa depan kamuu itu penting. Jangan terpaku sama teman, karna nanti pada saat semester 6,7,8 kamu tidak membutuhkan mereka semua, Deb."
Debby:"Iya Pa, bapa bener. Debby harus ngelatih diri sampe goal nanti, jujur Debby emang kurang ikhtiar karena kadang ambisi sama ego suka ngalahin segalanya."
Pak Dosen: "Makanya Deb mulai sekarang lakuin hal-hal yang sekiranya banyak bermanfaat buat kamu, kita bisa tukar tulisan karya tulis kita, sharing tentang dunia broadcast, atau hal apapun yang menyangkut tentang belajar. Mulai sekarang janji deh sama diri kamu sendiri buat pencapaian kamu nanti, ilangin rasa takut sama pesimisnya, saya yakin kamu bisa, Kamu punya potensi kok, tapi belum percaya diri. Jangan jadiin beban atau kesedihan tentang pemikiran kamu yang sekarang ini. Jalanin, lakuin Deb! Mulai sekarang harus yakin pokoknya."
Debby: "Hehehe iya Pak, alhamdulillah udah lumayan lega. Makasih banyak ya Pak buat waktu sama sharingnya."

Setelah obrolan antara gue sama dosen gue kelar, akhirnya gue balik dan sembari mikir lagi tentang apa yang dosen gue omongin tadi. Selama ini gue selalu mikir muter-muter kesitu aja, dan itu yang ngebuat gue suka pesimis ditengah jalan. Kalo inget hal ini gue jadi inget sama Raka, soalnya gue juga suka cerita tentang hal apapun sama dia, dia pernah bilang "ya udah Deb jalanin aja jalanin, jangan dibikin pusing, jangan terlalu dipikirin nanti malah ngebeban."
Raka emang paham banget lah ya hahahahahahahahahah.
Anyways, hal ini jadi pelajaran sekaligus pengalaman buat gue biar gue bisa lebih baik dan bisa terus ngegali potensi yang ada dalam diri gue, dan yang pasti hal ini ngebuat gue lebih termotivasi buat lebih percaya diri dan lebih optimis buat masa depan gue. Kalo orang lain bisa, kenapa gue enggak :)
Thanks God....





Tidak ada komentar:

Posting Komentar